INTEGRATED SYSTEM Balai KSDA Bengkulu

Search Here

TINGKATKAN SARPRAS LAPANGAN, BKSDA BENGKULU RESMIKAN KANTOR KPHK ENGGANO

Bengkulu, 28 Oktober 2017. Kepala Balai KSDA Bengkulu meresmikan Kantor KPHK Enggano di Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu. Acara peresmian dihadiri oleh seluruh pihak kunci di Pulau Enggano, yaitu Tokoh Masyarakat Adat Enggano, Aparat Desa, Aparat Pemerintahan Kecamatan, Koramil, Polsek, dan Pos Lanal. Kepala Balai KSDA Bengkulu, Ir. Abu Bakar, hadir di Pulau Enggano didampingi oleh Kepala Subbagian TU, M.Mahfud, S.Hut., M.Sc., dan Kepala SKW I Curup, Jaja Mulyana, S.Sos. 


Pulau Enggano dengan luas 39.586,74 ha, merupakan salah satu pulau terluar dari Gususan Kepulauan NKRI. Pulau ini terpisah sejauh sekitar 120 km dari Pulau Sumatera. Kawasan hutan negara memiliki porsi yang signifikan, mencapai 36% dari total luas kawasan. Dengan luas Kawasan konservasi sendiri mencapai 22,06% dari total keseluruhan luas Pulau Enggano. Terdapat enam unit kawasan konservasi di Pulau Enggano, yaitu CA Tanjung Laksaha, CA Sungai Bahewo, CA Teluk Klowe, CA Kioyo I & II, dan TB Gunung Nanu’ua. Seluruh kawasan konservasi di Pulau Enggano berada dalam wilayah kelola KPHK Enggano. 


Operasionalisasi KPHK Enggano merupakan salah satu program prioritas Balai KSDA Bengkulu tahun 2017. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas personil, sarana prasarana, dan memperluas jaringan kerja. Sejak awal tahun 2017, telah ditempatkan 7 orang personil lapangan (Rasio personil terhadap kawasan 1:1.325 Ha). KPHK Enggano juga dilengkapi oleh 1 unit kendaraan roda empat, 1 unit kapal motor, 2 unit kendaraan roda dua. Sebelum kantor KPHK ENggano diresmikan, KPHK Enggano hanya difasilitasi oleh bangunan pos seluas 36 m2. Dengan dibangunnya kantor KPHK Enggano, diharapkan pengelolaan kawasan konservasi di Pulau Enggano dapat meningkat. 
Sumber: Balai KSDA Bengkulu
 

Diposting oleh: Admin SITROOM, 10 Nov 2017

Copyright © 2017 - 2019 Balai KSDA Bengkulu. All rights reserved.